Total Tayangan Halaman

Senin, 30 Januari 2012

Kamus Bahasa Sumbawa Bidang Pertanian

A
ai /a.yi’/ n 1. air ; 2. zat cair yang mengairi sungai, laut, danau dan sawah pada musim hujan, serta menggenangi dua pertiga bagian bumi, merupakan unsur pokok bagi kehidupan ; Petani na muntu satama ... uma ( petani itu sedang memasukkan ... ke sawah ).
ba.ra.i’ /ba.ra.yi’/ n 1. mengairi ; 2. menyirami ; Saperap aku ka ku lalo ... mako lako garo’ ( kemarin saya pergi ... tembakau ke kebun ).
a.ir /a.ir/ n 1. bambu ; 2. tumbuhan yang tumbuh tinggi melintang ke atas,batangnya berwarna hijau,berakar serabut, biasanya tumbuh di dataran tinggi (gunung) dan dataran rendah (di kebun-kebun) Ngaro tetak ... nan ( Tolong potong ... itu ).
a.lang /a.laη/ n tempat menyimpan padi setelah selesai dipanen ; Tau samawa biasa na lamin sudah bagaba ya sio gaba na pang bao ... (Orang sumbawa biasanya kalau selesai panen menyimpan hasil panennya di atas ...).
a.lang-a.lang /a.laη-a.laη/ n langit-langit rumah ; ... baleku beru ka yapina (... rumah saya baru dibuat).
am.par /am.par/ v menyemai ; Petani na muntu ... pade na ( Petani itu sedang ... padinya ).
am.par bi.ni’ /am.par bi.ni’/ v menyemai bibit (padi) pada lahan yang sudah diolah.
pa.ngam.par /pa.ngam.par/ n lahan tempat menyemai bibit padi ;
an.tap /an.tap/ n kacang hijau ; ... nan balong tumu’ ( ... itu tumbuh dengan subur ).
ang.kit pa.de /ang.kit pa.de/ v mengangkat hasil panen (padi) ke tempat yang siap untuk dipasarkan ; Buruh-buruh na ... petani apa ya jual ( buruh-buruh itu ... untuk dijual ).
an.tas /an.tas/ v memotong segala yang menghambat pertumbuhan jasad renit ( seperti rumput, dsb ).
ba.ran.tas /ba.ran.tas/ v membersikan semak-semak ( biasanya dilakukan di ladang atau di kebun ) ; Petani na muntu ... pang omal na, apa ya tanam baso ( Petani itu sedang ... di ladangnya, karena akan ditanami jagung ).
a.rung /a.ruη/ n dangau ( rumah kecil yang berada di tengah sawah dan digunakan sebagai tempat untuk beristirahat oleh para petani setelah melakukan aktivitasnya di sawah ) ; Sarea petani muntu barenang pang ... masing-masing ( Para petani sedang beristirahat di ... masing-masing ).
a.sak /a.sak/ v menaburkan biji (seperti biji kedelai, kacang hijau dan jagung ) ke dalam lubang yang telah disediakan dengan ukuran yang telah ditentukan, biasanya pekerjaan ini dilakukan oleh seorang saja ( tunggal ) ; Tau na muntu ... antap pang uma na (Orang itu sedang ... kacang hijau di sawahnya).
nga.sak /nga.sak/ v menaburkan biji ( seperti biji kedelai, kacang hijau, dan jagung ) ke dalam lubang yang telah disediakan dengan ukuran tertentu, tetapi pekerjaan ini dilakukan oleh banyak orang ( jamak ) ; Tau-tau na muntu ... baso ( Orang-orang itu sedang ... jagung ).
B
ba.ga.ba /ba.ga.ba/ v memanen padi ; To ta kamo tama musim ... (Sekarang sudah masuk musim ...).
ba.gi.ling /ba.gi.liη/ v menggiling atau memisahkan anpas padi, agar menjadi beras ; to ta peno tau lalo ... (Sekarang ini banyak orang pergi ...).
ba.gu.lung /ba.gu.luη/ v menggulung kembali kedelai atau kacang hijau yang sudah kering dijemur dalam beberapa hari, untuk siap dipisahkan antara biji dengan kulitnya.
ba.ke.mang /ba.kә.maη/ a berbunga ; Pelam na kamo ... (Mangga itu sudah ...).
ba.ke.rat /ba.kә.rat/ v memotong ( padi dan rumput ) dengan menggunakan alat khusus, yaitu sabit ; Peno tau ... pang uma ku (Banyak orang ... di sawah saya ).
bang.kat /bang.kat/ n 1. tegalan ; 2. pematang sawah ; 3. Pembatas antara sawah yang satu dengan yang lainnya ; Bibi muntu tokal pang bao ... (Bibi sedang duduk di atas ...).
ba.re.mat /ba.rә.mat/ v mencabut bibit padi yang sudah beberapa minggu disemai untuk siap ditanam ; Tau-tau na muntu ... (Sekelompok orang sedang ...).
ba.ra.ngin /ba.ra.ngin/ v memisahkan bulir padi dengan batang padi menggunakan bantuan angin ; Petani muntu tari angin datang apa ya ... ( Petani itu sedang menunggu angin datang untuk ...).
ba.ro.rong /ba.ro.roη/ v membuat selokan kecil di samping tegalan yang berfungsi untuk memasukkan air ke sawah ; Tau loka na muntu ... pang uma na (Orang tua itu sedang ... sawahnya).
Ba.so /ba.so/ n jagung
ba.si.ru /ba.si.ru/ a kebiasaan masyarakat samawa untuk saling membantu pada saat menjelang panen maupun pada saat bercocok tanam dimulai ; Warga-warga na ya ... nawar jaga pang uma nde Ahmad ( Para warga akan ... besok pagi di sawah pak Ahmad).
Ba.sa.tom.pok /ba.sa.tom.pOk/ v mengumpulkan kembali ( padi, kedelai dan kacang hijau) yang sudah dikeringkan atau dijemur dalam beberapa hari, untuk siap dipisahkan antara bulir dengan batangnya.
Ba.sa.nga.lis /ba.sa.nga.lis/ v mengahaluskan lahan bertani dengan menggunakan alat bajak tradisional yang disebut kareng dalam sumbawa dan alat bajak modern yaitu traktor ; ... iyong si boat nyaman (... bukanlah pekerjaan yang mudah dilakukan).
Be.rang /Be.raη/ n 1. Parang ; 2. Alat tradisional masyarakat samawa untuk memotong kayu.
Be.rang /bә,raη/ n 1. Sungai ; 2. Kali ; Pang ... na peno kebo mani (Di ... itu banyak kerbau mandi).
Be.we /be.we/ n ranting.
Bi.ni’ /bi.ni’/ n beni (seperti beni padi, dsb) ; To ta peno tau beli bini’ untuk ya ampar (Sekarang ini banyak orang membeli ... untuk disemai).
Bi.so’ ti.an pa.de /bi.so’ ti.an pa.de/ a syukuran menyambut berbuahnya padi (rutin dilakukan setiap tahun oleh masyarakat samawa) ; Ano ta warga Karang Padak yaboat ... (Hari ini warga Karang Padak melaksanakan acara ...).
bu.a’ /bu.a’/ n buah ; Pang kebanku peno bua’ jambu (Di kebunku banyak ... jambu).
Ra.bu.a’ /ra.bu.a’/ a berbuah ; Pelamku kamo ... to ta (Manggaku sudah ... sekarang).
D
dang.ko /dang.ko/ n sabit ; alat tradisional samawa untuk memotong (padi, rumput, kedelai dan kacang hijau) yang berbentuk cerurit, tetapi bergerigi ; Ma to beru beli ... (Ibu baru saja membeli ...).
E
e.rok /e.rok/ n alat taradisonal Samawa yang digunakan untuk memisahkan bulir padi dengan hama tumbuhan ; ... ta beru ka ya pina (... baru dibuat).
Nge.rok /ngE.rOk/ v memisahkan bulir padi dengan hama tumbuhan dengan menggunakan bantuan angin ; Eyaku muntu ... pang uma (paman saya sedang ... di sawah).
e.wan /e.wan/ n hama tumbuhan ; hewan perusak tanaman (baik padi, kedelai, jagung, dan kacang hijau) ; Pang umaku peno ... (Di sawahku banyak terdapat ...).
G
ga.ro /ga.ro/ n kebun ; tempat yang bisa digunakan bercocok tanam selain di sawah dan di ladang ; Ma ke Bapak ada pang ... (Ibu dan Bapak ada di ...)
ba.ga.ro /ba.ga.ro/ adv berkebun ; mimiliki kebun ; Nongka sarea tau ... pang desa ta ( Tidak semua orang ... di kampung ini).
J
je.ra.mi’ /jә.ra.mi’/ n jerami ; sisa tumbuhan padi yang selesai dipanen ; ...
sala sopo me kebo (... salah satu makanan kerbau).
K
ka.me.rat /ka.me.rat/ a kerdil ; tidak dapat tumbuh dengan sempurna atau maksimal (tumbuh dan berkembang) karena mungkin disebabkan oleh beberapa faktor penghambat pertumbuhan ; antapku tumu’ ... (kacang hijauku tumbuh dengan ...).
ka.reng /ka.rEη/ n alat bajak tradisional Samawa yang berbentuk sisir digunakan untuk menghaluskan lahan ; Ya’ Abas muntu sangalis pangampar kenang ... (Paman Abas sedang menghaluskan lahan dengan menggunakan ...).
ke.ban /kə.ban/ n kebun ; tempat bercocok tanam, selain di sawah dan ladang ; Adi’ ke Ma’ ka lalo lako ... (Adik dan Ibu pergi ke ...).
ba.ke.ban /ba.kə.ban/ adv berkebun ; memiliki kebun ; Pang desa rata-rata ... (Di desa ini hampir semua orang ...).
ka.ro.ro’ /ka.ro.ro’/ n alat yang digunakan untuk menjemur (padi, kedelai, kacang hijau dan jagung) ;
ka.rung /ka.ruη/ n karung ; tempat mengisi hasil panen (seperti padi, kedelai, kacang hijau, jagung dan juga beras) ; alat berbentuk persegi panjang membujur tinggi ke atas yang terbuat dari tali rapia biasanya berwarna putih ; ... to kamo peno barisi ( ... ini sudah berisi penuh).
ke.mang /kə.maη/ n bunga ; Pelam na kamo ada ... (Mangga itu suda memiliki ...).
ba.ke.mang /ba.kə.mang/ a berbunga ; memiliki bunga ; Jambu na kamo ... (Jambu itu sudah ...).
L
La.yu /la.yu/ a layu ; tidak tumbuh dengan subur atau tegar ; Bayam na kamo ... (Bayam itu tumbuh ...).
lon.to /lon.to/ n jalar ; tumbuhan yang hidupnya parasit atau menempel hidup ditumbuhan lain ; ... biasa na peno tumu’ pang pagar ( ... biasanya banyak tumbuh di pagar).
ba.lon.to /ba.lon.to/ a berjalar ; memliki jalar ; Pagar na kamo ... (Pagar itu sudah ...).
lon.to e.ngal /lon.to e.ngal/ n jalar engal ; ... biasa na peno tumu’ pang tua-tua ( ... biasanya banyak tumbuh di semak-semak).
lo.song /lo.soη/ n ampas ; kulit biji yang sudah dipisahkan dari isinya(biji) ; ... peno pang uma’ ku ( ... banyak di sawahku).
lo.song an.tap /lo.soη an.tap/ n ampas kacang hijau ; ... keras gatal ( ... sangat gatal).
lo.song ke.de.le /lo.soη kə.de.le/ n ampas kedelai ; ... sama gatal na ke losong antap ( ... sama gatalnya dengan ampas kacang hijau).
lo.to /lo.to/ n beras ; makanan pokok manusia ; Harga ... to ta sangat mahal ( Harga ... sekarang sangat mahal).
M
ma.lar /ma.lar/ n ketua kelompok petani pengguna air ; Tugas ... yanansi satama ke atur ai’ lako uma tau ( Tugas ... yaitu memasukkan dan mengatur jalannya air ke sawah petani).
ma.ta’ /ma.ta’/ v memanen padi yang dilakukan di ladang ; Tau samawa dunu roa ya boat ... ( Orang Sumbawa dahulu sering melakukan ...).
ma.ta’ ra.me /ma.ta’ ra.me/ v memanen padi dengan cara beramai-ramai dengan mengudang sekelompok orang sebagai tradisi masyarakat Samawa ; ... biasana ya boat sekali seten ( ... biasanya dilakukan sekali setahun).
ma.te’ /ma.te’/ a mati ; sudah tidak dapat tumbuh, karena mungkin disebabkan oleh beberapa faktor penggangu/perusak tumbuh-tumbuhan ; Pelam na kamo mate’ (Mangga itu sudah ...).
mo.deng /mo.dEη/ n biji ; Peno ... kedele pang anok bongan (Banyak ... kedelai di bawah kolong rumah).
mo.deng an.tap /mo.dEη an.tap/ n biji kacang hijau ; ... bau ya pina kacama (... dapat dibuat kecamba).
mo.deng ke.de.le /mo.dEη kə.de.le/ n biji kedelai ; ... rasa na uwer lamin tu siong ( ... rasanya gurih bila digoreng).
mo.deng ba.so / mo.dEη ba.so/ n biji jagung ; ... bau tu pina bibit balong ( ... dapat buat bibit berkualitas).
ma.ra.wu /ma.ra.wu/ v membuka ladang baru di lembah-lembah gunung ; Tau dunu na roa benar ... (Orang dahulu sering ...).
N
na.muk /na.muk/ v menggemburi tanah pada bagian batang tanaman dengan tujuan, agar tanaman tersebut cepat tumbuh dan berkembang ; Tau na muntu ... pang garo (Orang itu sedang ... di kebun).
nam.pak /nam.pak/ v mengolah lahan bertani dengan menggunakan alat bajak, baik tradisional maupun modern untuk siap disemai bibit padi ; Paman Adi ano ta yaboat ... ( Paman Adi hari ini melakukan ...).
na.nam /na.nam/ v menanam tanaman (padi) ; Boat ... biasa na ya boat sekali seten ( Pekerjaan ... biasanya dilakukan sekali setahun).
ne.pes /ne.pEs/ v memungut kembali bulir padi yang tak sempat dikumpulkan dalam jumlah banyak.
nge.mat /ngə.mat/ v mencabut padi yang kira-kira sudah berumur 3 minggu, untuk siap ditanam ; Boat ... ta biasa na ya boat leng tau sowai ( Pekerjaan ... biasanya dilakukan oleh kaum prempuan).
nge.mar /ngə.mar/ v memanen tanaman berupa kedelai dan kacang hijau ; Boat ... ta biasana ya boat sekali seten (Pekerjaan ini biasanya dilkukan sekali setahun).
nin.ting /nin.tiη/ v proses memisakan biji kedelai atau kacang hijau dengan kulitnya, baik menggunakan alat tradisional berupa panuntung (pemukul dalam istilah sumbawa) maupun menggunakan alat modern ; Ano ta paman... kedelai (Hari ini paman ... kedelai).
nin.ting ke.de.le /nin.tiη kə.de.le/ v memisahkan biji kedelai dengan kulitnya.
nin.ting an.tap /nin.tiη an.tap/ v memisahkan biji kacang hijau dengan kulitnya.
O
o.lat /o.lat/ n gunung ;
o.mal /o/mal/ n ladang ; tempat yang berada di lereng atau lembah gunung sebagi tempat bercocok tanam; ... ya’ ada pang Sateluk ( ... paman ada di Sateluk).
o.was /o.was/ v mengeluarkan rumput liar dalam sawah yang sudah selesai dibajak dengan menggunakan alat bajak, baik tardisional maupun modern.
ba.ro.was /ba.ro.was/ v membersikan samping tegalan dengan menggunakn cangkul atau sabit.
P
pa.long.ka /pa.loη.ka/ n tangga yang digunakan untuk melewati pagar di sekeliling sawah ; Ada 3 kode ... pang orong na ade harus tu lontak (Ada 3 buah ... yang harus kita lewati).
pa.le.te’ / pa.le.te’/ n alat yang digunakan untuk melewati selokan di sawah.
pa.mang.kar /pa.maη.kar/ n kayu pemukul yang gunakan untuk memukul (kerbau atau sapi) pada saat membajak sawah atau pada saat kerapan ; ... ade ka yapina leng bapak na belo benar na ( ... yang dibuat oleh Bapak sangat panjang).
pa.nge.mung /pa.ngə.muη/ n penahan air pada tegalan dengan tujuan, agar sawah tidak kebanjiran air ; Saperap ka yapina ... ta leng paman bau na peno tama ai lako uma (Kemarin dibuat ... ini oleh paman supaya air tidak terlalu deras masuk ke sawah).
pu.puk /pu.puk/ n pupuk (bentuknya seperti pasir, berwarna putih) ; obat tanaman yang berfungsi untuk menyuburkan tanaman.
pu.puk kan.dang / pu.puk kan.dang/ n pupuk yang terbuat dari kotoran hewan ; ... to ta mega mahal harga na ( ... sekarang harganya cukup mahal).
Pu.puk u.rea /pu.puk u.rea/ n pupuk yang terbuat dari
R
ra.bo.at /ra.bO.at/ v membajak lahan bertani dengan menggunakan alat bajak, baik alat bakjak tradisional (rangala dalam bahasa Samawa) maupun alat bajak modern seperti traktor ; Ano ta petani sarea na apa kamo teri ujan ... (Hari ini semua petani ... karena musim hujan telah tiba).
ra.be.lik /ra.bə.lik/ v menakar padi yang sudah selesai dipanen untuk dimasukan ke dalam karung ; Nawar po ... pang uma nde Saba na (Besok baru ... di sawahnya bibi Saba).
ra.nga.la /ra.nga.la/ n alat bajak tradisional Samawa bentuknya seperti huruf L dengan segala perabotnya ; ... ta kamo le ka yapina, kareng kotar bubuk ( ... ini sudah lama dibuat, sehingga bentuknya sudah kelihatan rapuh).
re.ban /rə.ban/ n bendungan tempat menampung air yang akan dimasukan ke sawah ; ... keras rea ai na ( ... itu airnya sangat deras).
re.bu /rə.bu/ n rumput ; tumbuhan yang sering tumbuh di lahan kosong ; Pang lahan kosong na peno tumu’ ... gamang ( Di lahan kosong sana banyak ditumbuhi ... liar).
re.bu ce.ki /rə.bu cə.ki/ n rumput teki ; salah satu rumput makanan kuda ; Pang gempang na peno tumu’ .... ( Di kebun sana banyak tumbuh ...).
re.bu be.lang /rə.bu bə.laη/ n rumput liar yang sering tumbuh di lahan-lahan kosong.
re.bu bu.ren /rə.bu bu.ren/ n rumput yang biasanya dipelihara untuk dimanfaatkan keindahannya, biasanya ada tumbuh di lapangan bola.
re.to /rə.to/ num jumlah petak sawah.
S
sa.re.la’ /sa.re.la’ n bagian alat bajak tradisonal sawama yang berbentuk seperti kapak berfungsi untuk membelah atau menghacurkan tanah yang dibajak.
Se.a /se.a/ v jemur ; menempatkan sesuatu di tempat yang panas dengan sengaja supaya kering ; Peno tau sea gaba pang lapangan na ( Banyak orang jemur gaba di lapangan sana).
se.a pa.de / se.a pa.de/ v menjemur padi supaya kering dan siap untuk tumbuk.
Sa.ta.ma ai’ u.ma /sa.ta.ma ai’ u.ma/ v mengairi sawah ; memasukan air ke sawah ; Malar na kamo ... kita saperap rawi ( Ketua kelompok pengguna air itu telah mengairi sawah kita kemarin sore).
sa.nga.lis pa.ngam.par /sa.nga.lis pa.ngam.par/ v menghaluskan lahan tempat menyemai beni padi dengan menggunakan kareng (alat tradisional Samawa) atau pun alat bajak modern ; Nawar po ya boat ... (Besok dilakukan ...).
T
tam.ba /tam.ba/ n cangkul ; alat yang digunakan untuk menggali tanah ; ... na dangan na belo ( ... pegangannya sangat panjang).
ta.lo /ta.lo/ n lahan yang sudah selesai ditanami (padi, kedelai, kacang hijau dn jagung) ; lahan kosong yang sudah dapat dimasuki oleh hewan liar ; To ta kamo ... pang uma nde Saba (Sekarang sudah ... di sawahnya bibi Saba).
te.pi’ /tə.pi’/ n bakul ; berbentuk bundar yang digunakan untuk membersihkan beras ; Ngaro sole ... lako nde Mariam (Tolong pinjam ... ke bibi Mariam).
tu.a’ /tu.a’/ a matang ; Pelam na kamo ... (Mangga itu sudah ...).
U
u.ma /u.ma/ n Sawah ; tempat yang digunakan untuk bercocok tanam ; bentuknya ada yang persegi, persegi panjang dan dikelilingi oleh pembatas (tegalan) ; Paman kamo lalo lako ... tone jaga (Paman sudah berangkat ... tadi pagi).
u.ngin /u.ngin/ n ampas ; kulit biji yang sudah terpisah dari bijinya ; Pang pabrik pade na peno ... (Di penggilingan padi itu banyak ...).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar